Send As SMS

say it with crystal

this is about me, my days, my thoughts and my bead jewelry work. Some postings are in indonesian, and some are in english.

Donnerstag, November 24, 2005

Cerita persiapan natal : God! It's cold!!!

God It's cold. Beneran..asli sampai sakit kepala nich karena dingin. Gak tau deh tahun ini bayar heater berapa...dingin asli bowww!! Ini duduk dikamar, heater nyala, semua jendela tutup, tetap aja berasa nusuk ke tulang dan ke tengkorask kepala. padahal di luar masih plus...walaupun udah dibawah 5 derajat. Gila..pasti nggak ngebayang khan lo..dinginnya 4 derajat gimana...apalagi dibandingin ama Indonesia...hehehe.

Dingin disini juga ada bedanya, kadang dingin 4 derajat bisa lebih terasa dingin daripada 2 derajat....gue sih perhatiin di mobil aja, kalau ada tanda kristal saljunya, sekalipun dibilang 6 derajat, itu artinya udah 'freez' deh...beku. Jadi inget thn 2002 waktu hamil Dante, waktu itu winternya sampai minus 15 derajat. Gilaaa!!! Dulu apartemen gue di lantai atas, segitu aja udah dingin, gimana sekarang kalau sampai minus, kayak apa ya dinginnya...:-(

Menjawab pertanyaan Yuni...
Orang Bavaria (atau org german umumnya, gak tau persis) mengadakan persiapan natal mulai dari tangal 25 November. Disebut Advent. Mulai tgl tersebut segala kegiatan yang berbau2 natal dimulai, sebulan sebelum natalannya. Yang utamanya Christkindlmarkt atau biasa dikenal juga Weinachtmarkt (pasar natal). Asyik juga sich, jadi setiap malam kita bisa ke pasar malam itu, ada kios2 yang jual makanan, cemilan, souvenir dan segala hal yang berbau2 natal. Meriah, lengkap dengan lampu2 dan pohon natal dimana-mana. Yang khas dari Christkindlmarkt ini adalah Gluhwein (Wine panas). Ini udah pasti ada di setiap Christkindlmarkt. Dan pasar ini diadain hampir di semua kota, besarnya tergantung besarnya kotanya sendiri. Pasar Natal paling top kabarnya di Nuremberg. I once there. :-)

Buat anak2 sendiri, ada yang namanya Adventskalender. Juga dimulai tanggal 25 November. Ini modelnya kalender, yang disetiap tanggalnya bisa dibuka dan bakalan ada surprise. Jadi istilahnya anak-anak menghitung hari menjelang natal itu dengan Adventskalender, setiap hari satu jendela dari kalender itu dibuka, dan selesai pas malam natal. Begitu juga mama-nya. Biasanya sejak tanggal 25 November, mereka siapin 4 lilin, yang dipasang satu-satu selama 4 minggu menjelang natal.

Apalagi ya....
Oh iya...kue natalnya. Khas natalnya orang sini adalah Lebkuchen, which is Gingerbread. Lebkuchen paling top juga dari Nuremberg, namanya Lebkuchen Schmidt. :-). (Kalau jalan2 kesana bisa ikut tour pabriknya juga lho....)
Lebkuchen ini udah bakalan muncul di toko2 sejak tengah oktober- sampai Februari deh kira2. Jangan coba cari Lebkuchen di bulan Juni, gak model. Dan orang2 Jermannya sendiripun gak mau makan kue itu kalau gak dalam suasana natal. Beda ya ama kita, mau lebaran apa nggak, kalau dijual nastar so wieso kita beli juga..hehehe

Terus, ada Nikolaustag. Terus terang gue gak tau, Nikolaus ini sama gak dengan Santa Klaus di Amerika. Soalnya Nikolaustag ini jatuhnya tanggal 6 desember, beda khan sama St. Klaus yang ceritanya datangnya pas malam Natal. Ceritanya sich sama, Nikolaus datang membawa hadiah buat anak-anak yang baik dan pinter selama setahun kemarin ini, gitu. Mirip2 Santa Klaus sich...Tapi still, mereka kenal Santa Klaus juga, yang di sebut Weinachtsmann.

Gitu deh kurang lebih cerita persiapan natal disini. Jaman dulu waktu toko2 kalau Sabtu buka cuma sampai jam 4, ada yang namanya 'Lange Samstag', yang artinya selama Advent itu, toko2 buka sampai jam 8 kalau hari Sabtu, untuk menganisipasi orang2 belanja hadiah natal. Gak tau sekarang..

Ok deh...segitu dulu cerita persiapan natalnya..

1 Comments:

At 8:18 PM, Maya Habeck said...

Nikolaustag itu tepatnya tgl. 6 Des.biasanya di supermarket2 mengadakan acara, anak2 bisa bawa sepatunya kesana lalu mendapat no. Tepat tgl. 6 Des. bisa mengambil sepatunya lagi tentunya sudah berisi coklat, kue2 dan permen. Sepatu yang diserahkan sebaiknya sepatu yang sudah dibersihkan.

Untuk Adventskalender bisa kita buat sendiri atau beli. Banyak ide2 dari majalah atau katalog kl. mau pesan. Jadi utk. ibu2 yang beragama nasrani bisa siap2 dr. jauh hari kl. mau buat Adventskalender sendiri. Also... selamat berkarya.
Dan... Mia majalah ttg. kalung itu ntar aku kirim ya... aku lagi sibuk nih... anak2ku pada ujian dan minggu ini suamiku ke Düsseldorf, jadi repot. Pokoknya aku ngak lupa deh... yang kedinginan bukan kamu aja loh... aku juga... tapi kl. dirumah dingin biarpun heater hidup... gimana kl. 15 menit senam sendiri, pasti ngak kedinginan deh.. aku aja masih naik sepeda, walking tuh... mmm segar mia... udah coba?

 

Kommentar veröffentlichen

<< Home